Don't miss

Friday, 25 April 2014


Kuliner Sukoharjo : Ayam Goreng Mbah Karto


By Kuliner Sukoharjo on 18:41


Di Kota Sukoharjo ada Warung Ayam kampung miri yang beda dan unik rasanya dari pada ayam-ayam goreng yang lain dan bumbunya yang jelas merasuk kedaging dan tulangnya. Terletak di Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto 8, di depan PLN Sukoharjo, ada tempat makan dengan menu ayam goreng yang demikian special sampai pelanggannya harus rela antri menunggu giliran dilayani. Padahal di dalam pendopo rumah yang dijadikan tempat makan itu terdapat tidak kurang dari sepuluh meja besar dengan bangku-bangku yang mengelilinginya.
 Saat pukul 12.00-13.00 suasana di sekitar tempat makan tersebut seperti sedang digelar hajat. Mobil-mobil dan puluhan motor berjajar di halaman dan jalan di depan rumah itu, sementara orang-orang lalu lalang keluar masuk rumah menikmati gurih renyahnya ayam goreng hasil olahan Mbah Karto. Selain masyarakat umum yang menjadi pelanggannya. Ayam Goreng Mbah Karto juga menjadi tempat favorit para pejabat di daerah ini dan sekitarnya untuk bersantap. Tak kurang seleb ibukota yang pernah mendengar gurih renyahnya ayam goreng Mbah Karto datang menjajalnya
Sebagai lauk makan nasi, gurih renyahnya ayam goring Mbah Karto lebih lengkap ditemani sambal bawang dan lalap mentah seperti di kebanyakan tempat makan lainnya. Namun, di warung makan Mbah Karto ini masih ada elemen lain yang juga menjadi andalannya, yakni sambal miri. Sesuai namanya, sambal ini berbahan dasar kemiri dengan sedikit cabai merah sehingga tidak sepedas sambal bawang putih. Biasanya kedua jenis sambal ini disajikan bersama sehingga pelanggan tinggal memilihnya. Oleh karena berbahan kemiri, sambal ini memiliki cita rasa campuran antara gurihnya biji-bijian dan aroma minyak nabati yang khas. Bagi yang tidak suka pedas, mencocolkan ayam goring yang gurih renyah ke sambal kemiri sungguh terasa nikmat.
Usai menyantap ayam goreng, hidangan penutupnya tersedia tapai ketan buatan sendiri yang tak kalah istimewa. Tapai berwarna hijau dengan aroma pandan terbungkus daun pisang ini terasa kesat, lumat di mulut, dan manis alami hasil fermentasi. Alhasil, rasa tidak nyaman di mulut setelah menyantap makanan berminyak pun sirna diganti rasa manis “sriwing-sriwing” tapai ketan.
Sekarang juga buka cabang di barat Garasi gunung mulia sukoharjo bulakrejo pinggir jalan raya solo sukoharjo.

Kulinersukoharjo
Judul: Kuliner Sukoharjo : Ayam Goreng Mbah Karto
Review oleh: Kulinersukoharjo | Template TreTans 1.0
Update pada: 18:41 | Rating: 4.5

Comment for "Kuliner Sukoharjo : Ayam Goreng Mbah Karto"

0 comments

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...