Don't miss

Monday, 15 December 2014


Teh Putih


By Kuliner Sukoharjo on 14:56

Teh putih adalah jenis teh yang paling langka sekaligus paling mahal di dunia, yang pada awalnya hanya dikonsumsi oleh Kaisar China dan anggota istana sejak jaman Dinasti Tang (618-907). Teh putih terbaik dibuat hanya dari tunas teh yang masih yang belum terbuka (Supreme Grade) varietas Camellia Sinensis, yang ditanam didaerah pegunungan tinggi di provinsi Fujian (China), sebagai tempat asal teh putih pertama (Original) dan terbaik di dunia.

Teh putih dengan kualitas terbaik dipetik hanya dalam waktu dua hari (Supreme Grade) setiap tahunnya pada awal musim semi, saat tunas daun teh belum terbuka dan masih diselimuti bulu-bulu halus berwarna putih.

Pemrosesan teh putih dilakukan secara tradisional, alami dan sangat minimal, dimana hanya meliputi pelayuan dan pengeringan segera setelah proses pemetikan dilakukan. Teh putih dikeringkan secara alami dengan bantuan angin dan sinar matahari pegunungan, tanpa melalui proses fermentasi maupun penggilingan sehingga tidak merusak bentuk teh putih yang sebenarnya.

Teh yang sangat berharga ini dipetik secara hati-hati dengan tangan, mengambil hanya tunas dan daun teh termuda, dengan standar yang sangat ketat yang diwariskan secara turun-temurun sejak jaman Dinasti Ming (1364 - 1644).

Minimnya pemrosesan menjadikan teh putih memiliki kandungan antioksidan polifenol dan katekin tertinggi, lebih tinggi dari teh hijau maupun teh hitam. Penelitian terbaru pada teh putih organik yang berasal dari Fujian, China menyebutkan bahwa 1 cangkir teh putih mempunyai kandungan antioksidan setara dengan 12 gelas jus jeruk segar.

Kini, rahasia panjang umur para Kaisar China yang dirahasiakan selama ribuan tahun oleh masyarakat China telah hadir ditengah keluarga Anda, hanya di www.tehsehat.net.

Kulinersukoharjo
Judul: Teh Putih
Review oleh: Kulinersukoharjo | Template TreTans 1.0
Update pada: 14:56 | Rating: 4.5

Comment for "Teh Putih"

0 comments

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...